Selasa, 19 Juli 2011

Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan ..

Seperti kita telah ketahui bahwa bulan bergerak mengelilingi bumi. Pada waktu hampir bersamaan bumi juga bergerak mengelilingi matahari. Hal ini dapat menimbulkan sesuatu peristiwa alam yang disebut gerhana. Gerhana yang kita kenal ada 2 macam, yaitu Gerhana bulan dan Gerhana Matahari 
  1. Gerhana Bulan Terjadi karena sifat matahari yang jatuh kebulan terhalang oleh bumi. Gerhana bulan hanya terjadi ketika bulan purnama dan bulan masuk ke dalam bayangan bumi. Ketika itu bulan tidak menerima cahaya matahari, sehingga kita tak dapat melihat bulan. Saat semacam ini disebut gerhana bulan ..
  Karena bumi jauh lebih kecil daripada matahari, maka bayangan inti bumi menguncup berbentuk kerucut. Daerah yang dilalui bayangan inti bumi ini sangat gelap dan disebut sebagai umbra. Bayangan yang agak terang disebut penumbra ..
  Gerhana bulan kurang lebih 6 jam, tetapi betul betul dalam bayangan inti hanya 1 jam 40 menit . Ketika bulan dalam penumbra, bulan kelihatan samar-samar. Jika bulan dalam umbra, bulan sama sekali tidak kelihatan ..


  2. Gerhana Matahari dapat terjadi apabila kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus, sehingga sinar matahari yang jatuh ke permukaan bumi terhalang oleh bulan.
  Gerhana Matahari terjadi pada siang hari. Gerhana Matahari total berlangsung kira-kira 6 menit 

1 komentar: